Kamis, 26 Januari 2012

Friday at 12.00 PM on Aceh

Bukan hal yang baru untuk diketahui, bahwa hari jumat merupakan hari sakral untuk umat muslim dimanapun. Karena sudah kewajiban bagi seluruh para laki-laki muslim untuk menjalankan ibadah Jumat.
Hal ini tidak dapat dibedakan diseluruh penjuru dunia, karena pada hari jumatlah mesjid dipenuhi dengan seluruh laki-laki, semua kaum adam harus menyempatkan diri dari segala jenis kesibukannya untuk menjalankan ibadah jumat.

Aceh, kembali kepokok yang awal....
Perbedaan yang terjadi adalah bagaimana masyarakat memunculkan adat atau kebiasaan akan hal ini. di Aceh katakanlah, setiap jumat seluruh sekolah akan pulang lebih awal, sebelum jam jumat tiba. karena diharapkan para siswa dapat menjalankan ibadah jumat tanpa terganggu dengan jadwal sekolah mereka.
seluruh pertokoan, niaga, kantor dan sarana umum diberhentikan, dengan harapan tidak ada kegiatan apapun yang menghalangi para kaum adam untuk menjalankan ibadah jumat.

Sholat Jumat biasanya dijadwalkan sebelum waktu dhuhur tiba, sekitar 10 - 30 sebelum waktu dhuhur datang, sholat jumat dikerjakan hanya dua rakaat. 

ketika waktu jumat datang, seluruh pelosok kota banda aceh akan terlihat sepi, tak ada sarana umum yang beraktifitas, bahkan ditugaskan satuan WH untuk melihat seluruh aktifitas warga, agar tak ada yang tidak mengerjakan Sholat Jumat.

oleh karena itu, jika kamu datang ke Aceh pada hari jumat kamu akan merasakan bahwa aceh itu sepi, namun setelah jumat selesai seluruh aktivitas akan kembali seperti semula.

*mohon maaf jika salah kata...hanya membagi pengetahuan*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar